Selasa, 19 April 2016

Sosialisasi Program "Aku Bangga Aku Tahu ( ABAT)

Selasa (19/4) Program ABAT (Aku Bangga Aku Tahun) merupakan program dari kementrian kesehatan untuk pencegahan HIV/AIDS bagi remaja yang diluncurkan sejak tahun 2013. Melalui kampanye ABAT ini sasaran (usia 15-24 tahun) diharapkan memiliki pengetahuan yang benar dan komperhensif tentang HIV AIDS. 

Sosialisasi ABAT bagi remaja di wilayah Puskesmas Samigaluh 1 dilaksanakan di MTsN Sidoharjo. Peserta sosialisasi merupakan siswa kelas 9 sebanyak 60 orang. Pelaksanaan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah MTSN Sidoharjo Drs. Sukarlan. Acara selanjutnya adalah pre test untuk melihat pengetahuan awal siswa kelas 9. Pemutaran video tentang HIV/AIDS dipilih sebagai media penyuluhan bagi siswa. Setelah pemutaran video,siswa diberi waktu untuk berdiskusi tentang akar masalah,jika aku menjadi dira,dan apa itu HIV/AIDS.  Selanjutnya disampaikan juga tentang pergaulan sehat di kalangan remaja oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. Kulonprogo Natalia Sri Karuniawati,S.KM. Materi berikutnya disampaikan oleh Kepala Puskesmas Samigaluh 1 yaitu dr. Agus Nugroho Andhi Saputro tentang HIV/AIDS meliputi pengertian, penularan, dan pencegahan HIV/AIDS. Setelah itu dilakukan post test untuk melihat peningkatan pengetahuan tentang HIV/AIDS. (Promkes/fe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar