Minggu, 15 Mei 2016

Pelatihan Kader Posyandu

Salah satu kegiatan dalam program Promosi Kesehatan & UKBM yaitu Pembinaan posyandu. Posyandu merupakan salah satu UKBM yang berasal dari,oleh,dan untuk masyarakat. Keberadaan kader posyandu sangat diperlukan dalam mendukung terlaksananya posyandu. Oleh karena itu, pembinaan terhadap kader posyandu harus dilakukan secara terus-menerus.

Secara umum pembinaan kader posyandu bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan kader agar dapat melakukan kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.  Secara khusus pembinaan kader Posyandu bertujuan:1) tersampaikannya kebijakan program UKBM; 2) Adanya pembinaan Kader Posyandu: 2) Meningkatkan penggerakkan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan. 

Salah satu bentuk pembinaan terhadap kader posyandu adalah pelatihan bagi kader posyandu. Puskesmas Samigaluh 1 pada tanggal 10-12 mei 2016 melaksanakan pelatihan bagi kader posyandu. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan kader posyandu balita. Peserta pelatihan sebanyak 128 orang yang merupakan perwakilan 64 posyandu.
Pada pelatihan ini, kader posyandu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang telaah kemandirian posyandu, penyediaan air minum, SDIDTK, pemantauan pertumbuhan balita, pertolongan pertama pada kecelakaan, serta desa siaga aktif. Metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek.(Promkes/fe)

#puskesmassamigaluh1



Narsumber dari petugas puskesmas melibatkan lintas program
Proses diskusi kelompok
Praktek P3K untuk para kader posyandu
Sesi dokumentasi saat lomba yel-yel dan foto
Kolaborasi kader dan tenaga kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar